counters

CARA MEMBUAT CD/DVD AUTORUN

TUTORIAL : CARA MEMBUAT CD/DVD AUTORUN

1.Yang pertama kita butuhkan adalah file yang akan dijalankan ketika CD dimasukan ke CD ROM drive (misal anda punya file “larangan.doc”)

2. Setelah file yang akan dijalankan tersedia, maka langkah selanjutnya, anda perlu membuat sebuah perintah agar windows mau menjalankan file tersebut secara otomatis begitu CD dimasukan. caranya: Buka notepad Ketik perintah berikut

[autorun]
open=nama file.exe
icon=icon.ico
ket : nama file.exe ganti dengan nama file yang akan langsung di eksekusi nantinya

3. Setelah perintah tersebut diketik, simpan dengan nama “autorun.inf” dan pada bagian save as type pilih yang all. Anda harus menyimpan dengan nama tersebut.

4. Tahap terakhir adalah tinggal mengkopy atau istilah kerennya mem- burning data ke CD. Anda bisa menggunakan software burning apa saja.

5. Buka software aplikasi burning anda. Saya sarankan menggunakan Nero, karena sudah terkenal kemampuannya.

6. Silahkan masukan file yang akan anda burning ke root direktori CD. Jadi jangan memburning file tersebut dengan mamasukan kedalam folder lagi(nanti akan ada cara sendiri kalau ingin memburning file dengan dimasukan kedalam folder, tetapi artikel yang selanjutnya ya,….)

7. Jadi sekali lagi, anda harus meng-add file tersebut dibagian yang paling luar. Setelah itu, add pula file autorun.inf yang telah anda buat tadi. Kalo bisa periksa lagi, pastikan perintah yang ada didalamnya, sesuaikan dengan file yang nantinya akan dijalankan. Ingat, file yang akan dijalankan dengan file autorun.inf harus dalam satu direktori terluar (tidak dimasukan kedalam folder), tentunya jika ingin CD tersebut menjadi autorun. Jika sudah anda bisa menekan tombol Burn untuk memulai proses copy data ke CD autorun.
Jika sudah, silahkan dicoba dengan cara memasukan CD yang berisi data tersebut ke dalam CD ROM Drive

 
Design
by Lasantha | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger | cheap international calls