counters

MANFAAT DAUN DEWA


Kemarin saya membaca buku yang berjudul Keterampilan Menuju Wirausaha yang diterbitkan oleh YPHI (Yayasan Pembina Home Industry). Disalah satu halamannya, saya menemukan sesuatu yang bagus yaitu manfaat daun dewa yang belum pernah saya baca atau ketahui sebelumnya. Lalu daripada hanya saya baca dan bermanfaat untuk diri sendiri serta belum sempat saya coba lebih baik saya tulis dalam artikel ini untuk dibagikan ke orang lain agar bisa bermanfaat serta bila seumpama ada yang membutuhkan.
Daun dewa (Gynura Divaricata, Gynura Segetum (Lour) Merr, atau Gynura pseudochina) cukup lama dikenal sebagai tanaman antikanker. Di beberapa daerah, daun dewa dikenal dengan nama beluntas cina atau samsit.

Tingkat pertumbuhan ini bisa mencapai 50 cm. Daunnya tunggal bertangkai pendek berbentuk bundar telur berujung lancip. Kedua permukaaan daunnya bermabut dengan warna putih. 
Menurut penelitian, secara laboratoris ekstrak etanol daun dewa mampu menghambat pertumbuhan tumor paru pada mencit (tikus putih kecil). Ekstrak ini juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.
Efek farmakologis daun dewa adalah antikoagulan (koagulan=zat yang mempermudah dan mempercepat pembekuan darah), mencairkan bekuan darah, stimulasi sirkulasi, menghentikan pendarahan, menghilangkan panas dan membersihkan racun.
Daun dewa mengandung zat saponin, minyak atsiri, flavonoid dan tanin. Efek farmakologis didapatkan dari seluruh tanaman. Manfaat daun dewa diantara yaitu:
1. Untuk mengatasi luka terpukul, tak datang haid, pendarahan pada wanita, pembengkakan payudara, batuk dan muntah darah. Caranya yaitu seluruh tanaman daun dewa ditumbuk atau direbus lalu airnya diminum.
2. Bila anak mengalami kejang, beri minum air dari satu batang daun dewa.
3. Untuk kutil, haluskan daun dan ditempelkan pada bagian yang sakit serta biarkan hingga keeseokan harinya.
4. Untuk mengatasi tumor, silakan makan daun dewa sebagai lalap.
5. Untuk kanker, buatlah ramuan dari 300  gram daun dewa segar, 20 gram temu putih, 30 gram jombang yang direbus  dengan 600 cc air hingga tesisa 300 cc, lalu saring airnya dan minum.
6. Bagian umbi bisa dimanfaatkan untuk pengobatan luka terpukul, masuk angin, digigit ular dan menghilangkan bekuan darah serta mengobati stroke.

Sekian yang dapat saya tulis pada kesempatan indah ini dengan harapan dapat bermanfaat dan menginspirasi bagi kita semua.


 
Design
by Lasantha | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger | cheap international calls